Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU BANTUL GANDENG KARANG TARUNA ANTISIPASI POLITIK UANG

Anggota Bawaslu D.I.Yogyakarta, Ketua dan Anggota Bawaslu Bantul serta Karang Taruna Bantul

Anggota Bawaslu D.I.Yogyakarta, Ketua dan Anggota Bawaslu Bantul serta Karang Taruna Bantul

         Bawaslu Bantul menggandeng Karang Taruna untuk mengantisipasi praktik politik uang dalam Pilkada Bantul tahun ini. Ketua Bawaslu Bantul, Didik Joko Nugroho menyampaikan dalam Pilkada Bantul kedepan ada potensi praktik politik uang dan kampanye hitam (black campaign). Untuk menghadapi politik uang dan kampanye hitam, Bawaslu Bantul tidak mungkin berjalan sendiri, Karang Taruna sebagai organisasi yang berbasis pemuda akan menjadi mitra strategis Bawaslu untuk melawan politik uang dan kampanye hitam ini. Lebih lanjut disampaikan nantinya Bawaslu juga akan mengajak karang taruna untuk aktif menguatkan keberadaan Desa Anti Politik Uang yang telah terbentuk di 17 kalurahan se-Kab. Bantul. 

         Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Bantul, Dewi Nurhasanah menjelaskan bahwa karang taruna dilibatkan dalam skema pengawasan partisipatif. Pengawasan partisipatif ini nantinya akan menjadikan anggota karang taruna sebagai kader pengawasan partisipatif yang bisa aktif melakukan pengawasan dan menginformasikan kepada Bawaslu Bantul apabila ada potensi pelanggaran dalam Pilkada. Dewi juga menyampaikan bahwa dengan melibatkan karang taruna maka diharapkan dapat menggaet pemilih pemula dan pemilih muda untuk berkontribusi dalam pengawasan Pilkada Bantul 2024. Nantinya karang taruna juga akan dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi pengawasan yang berbasis masyarakat. 

         Ketua Karang Taruna Bantul periode 2024-2029, Masduki Rahmat menyampaikan bahwa Karang Taruna Bantul saat ini mempunyai program strategis salah satunya adalah penguatan reformasi kalurahan. Melalui penguatan reformasi kalurahan ini nantinya akan dimasukkan program penguatan demokrasi termasuk didalamnya untuk melawan politik uang. Program ini penting untuk menanamkan kepada generasi muda bahwa dalam berdemokrasi tidak selamanya dinilai dengan uang. Masduki optimis dengan jejaring karang taruna yang cukup luas mulai dari tingkat kapanewon sampai dengan tingkat dusun maka program yang akan dikerjasamakan dengan Bawaslu Bantul dapat berjalan dengak maksimal. 

Tag
Bawaslu Bantul
Berita Utama
Pengawasan partisipatif
Pencegahan