Lompat ke isi utama

Berita

Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilu Tahun 2024”

Bawaslu Kabupaten Bantul pada hari ini tepat Satu Tahun menuju hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak TAhun 2024 yaitu tanggal 14 Februari 2024, akan semakin mematangkan langkah-langkah dalam mengoptimalkan pengawasan Pemilu dari berbagai aspek. Berbagai aspek yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Bantul merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga kualitas demokrasi melalui Pemilu supaya dapat berjalan secara Luber dan Jurdil.
Dari aspek pengawasan, Bawaslu Kabupaten Bantul perlu melakukan tindakan pengawasan mulai dari persiapan sampai dengan penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu 2024. Bawaslu Kabupaten Bantul dalam melakukan pengawasannya, menjalankan sesuai pedoman dan alat kerja pengawasan yang menjadi acuan kerja Pengawas Pemilu pada setiap tingkatan termasuk Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa sebagai pedoman dalam melakukan tindakan pengawasan tahapan Pemilu. Dari aspek pencegahan, Bawaslu Kabupaten Bantul perlu melakukan upaya preventif untuk meminimalisir terjadinya potensi pelanggaran Pemilu. Dalam rangka optimalisasi tindakan pencegahan, Bawaslu Kabupaten Bantul membangun sistem laporan hasil pencegahan yang tersinkronisasi di setiap tingkatan Pengawas Pemilu baik dari Bawaslu Kabupaten Bantul, Panwaslu Kecamatan, dan Panwaslu Desa.
Beberapa aspek kesiapan Bawaslu Kabupaten Bantul perlu mendapatkan dukungan dari berbagai elemen dan masyarakat, baik itu dukungan dari Pemerintah Daerah, DPRD, Penyelenggara Pemilu KPU Bantul, Lembaga Negara di Kabupaten Bantul, Organisasi Masyarakat, unsur-unsur masyarakat sipil, dan stakeholder lainnya sebagai pendukung suksesnya penyelenggaraan Pemiliu Tahun 2024 khususnya diwilayah Kabupaten Bantul. Oleh karenanya Bawaslu Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilu Tahun 2024” yang dilaksanakan tepat satu tahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024 yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024.

Hal ini mempunyai tujuan yaitu simbol kesiapan Pengawas Pemilu menuju satu tahun tahapan pemungutan suara Pemilu 2024; penguatan dan sinergitas aspek pencegahan, pengawasan, hubungan antar lembaga, partisipasi masyarakat, dan hubungan masyarakat kepada stekeholder terkait; penguatan hubungan antar lembaga dalam Pemilu tahun 2024; dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menciptakan pemilu yang damai dan berintegritas melalui Deklarasi.
Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2023 bertempat di tiga titik yaitu perempatan Klodran, perempata Manding, dan perempatan Wonokromo. Bawaslu Kabupaten Bantul melakukan orasi singkat, membentangkan spanduk, dan membagikan stiker kepada masyarakat yang melewati titik tersebut sebagai bentuk penanda Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilu Tahun 2024”. Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran 17 Panwaslu Kecamatan dan 75 Panwaslu Desa yang berada di Kabupaten Bantul. Harapannya masyarakat dapat turut serta bergabung menjadi relawan pengawasan partisipatif pada tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024. Selain itu Bawaslu Kabupaten Bantul mengajak masyarakat untuk bergabung dalam komunitas Pengawas Digital dengan mendaftarkan diri melalui https://jarimuawasipemilu.bawaslu.go.id.

Tag
Berita
Berita Utama
Pencegahan
Press Release
Publikasi
Uncategorized