Lompat ke isi utama

Berita

Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Kabupaten Bantul

Bawaslu RI resmi melantik anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028 pada tanggal 18 Agustus 2023. Pelantikan dilakukan secara serentak kepada 1914 anggota Bawaslu Kabupaten/Kota dengan menggunakan busana adat daerah masing-masing. Pasca pelantikan tersebut Bawaslu RI langsung menyelenggarakan Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota tersebut. Pelatihan berlangsung secara bertahap dengan 3 gelombang dalam rangka pembekalan kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu di tingkat Kabupaten/Kota agar segera bisa melaksanakan tugas pengawasan tahapan Pemilu.

Bawaslu Kabupaten/Kota diharapkan dapat segera melaksanakan kinerja pengawasan secara optimal pasca pelatihan. Hal tersebut ditegaskan kembali oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja “Kebijaksanaan di lapangan dalam menjalankan kinerja dimulai dari Bawaslu Kabupaten/Kota” ungkapnya dalam pelatihan penguatan kompetensi di IPC Learning and Consulting tanggal 23-27 Agustus 2023.

Selanjutnya Rahmat Bagja menyampaikan bahwa kompetensi sebagai Pengawas Pemilu harus selalu diasah dengan memahami ketugasan secara utuh termasuk di dalamnya mempelajari dan memahami regulasi yang ada. Hal ini perlu diperhatikan karena Bawaslu Kabupaten/Kota akan menjadi leader bagi jajaran Panwaslucam hingga PKD. Tidak cukup hanya mempelajari dan memahami jajaran Pengawas Pemilu juga harus bisa melaksanakan kinerja-kinerja teknis seperti pencegahan, pengawasan, penanganan pelanggaran Pemilu hingga penyelesaian sengketa Pemilu.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Bantul Yasir Alhuda beserta Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Bantul Muhammad Rifqi Nugroho.

Tag
Berita
Publikasi