Lompat ke isi utama

Berita

Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu Serentak Tahun 2024

Bawaslu Kabupaten Bantul mengajak seluruh elemen masyarakat turut serta melakukan pengawasan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024. Terkait hal tersebut Bawaslu Kabupaten Bantul akan memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat tentang pengawasan Pemilu sehingga akan tumbuh kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengawasan tahapan Pemilu demi menjaga kualitas dan integritas penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Bantul. Selain itu deklarasi pengawasan bersama tersebut dalam rangka mengoptimalkan pengawasan partisipatif dari berbagai aspek yang merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga Demokrasi yang berkualitas dan bermartabat sehingga Pemilu 2024 bisa terlaksana dengan Luber dan Jurdil.

Deklarasi pengawasan bersama yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 26 Februari ini juga merupakan suatu puncak momentun tindak lanjut satu tahun menjelang Pemilu 2024, dimana pada tanggal 14 Februari 2023 sesuai dengan Instruksi Bawaslu RI maka Bawaslu Kabupaten Bantul telah melakukan "Aksi Siaga Kampanye Pengawasan Bersama" yang dilakukan secara serentak sampai di tingkat Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa se-Kabupaten Bantul. Pada saat Tanggal 14 Februari 2023 tersebut Bawaslu Kabupaten Bantul melakukan sosialisasi terkait "Jarimu Awasi Pemilu" yang merupakan komunitas digital pengawasan partisipatif dengan berfokus peran masyarakat pada pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024 khususnya pertukaran informasi pengawasan Pemilu secara digital serta sosialisasi posko kawal hak pilih.

Kegiatan yang bertajuk "Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu Serentak Tahun 2024" akan dilaksanakan pada hari Minggu 26 Februari 2024 mulai pukul 06.00-10.00 WIB dengan dimulai senam bersama. Penyelenggaraan kegiatan tersebut bertempat di Sisi Timur Stadion Sultan Agung (SSA) yang berlokasi di Jl. Sultan Agung, Ponggok II, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh seluruh jajaran Bawaslu se-DIY, Forkopimda Bantul, Ketua DPRD, Panewu, Lurah Desa APU, Pimpinan Ormas, stakeholder terkait, serta masyarakat umum. Acara akan dimeriahkan dimeriahkan oleh beberapa artis lokal seperti Den Baguse Ngarso, John Dayat, Larus Band, dan MC oleh Tako Mintardja.

Tag
Berita
Berita Utama