Lompat ke isi utama

Berita

Deklarasi Desa Anti Politik Uang (APU) Kalurahan Muntuk

Bantul, Kalurahan Muntuk Kapanewon Dlingo Kabupaten Bantul mendeklarasikan diri sebagai Desa Anti Politik Uang (APU). Deklarasi tersebut diselenggarakan di Pendopo Kantor Kalurahan Muntuk pada tanggal 13 Mei 2023 dengan dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat mulai dari Forkompimkal, Bamuskal, Dukuh, LPM Kal, Karang Taruna, dan Ketua RT se-Kalurahan Muntuk serta disaksikan oleh Forkompimkap Dlingo. Deklarasi APU ini merupakan panggilan jiwa dari masyarakat bagaimana rasa keinginan masyarakat untuk menghindari bahaya politik uang.

Dalam sambutannya Lurah Muntuk Marsudi menegaskan bahwa dengan menerima politik uang sama saja dengan menggadaikan masa depan kita selama 5 tahun mendatang. Masyarakat Muntuk sudah sadar dengan bahaya politik uang ini terbukti bahwa selama pemilihan Lurah kemarin tidak menggunakan politik uang. Memang tidak semua warga masyarakat sadar tentang bahaya politik uang ini tetapi dengan adanya edukasi dari jajaran pengawas dan Tim APU ini harapannya menjadikan masyarakat tau dan sadar akan bahaya politik uang.

Sumaryadi selaku Tim APU menyampaikan bahwa tim terbentuk sebanyak 13 orang yang terdiri dari perwakilan 11 pedukuhan sehingga mewakili seluruh wilayah di Kalurahan Muntuk. Apabila ada calon yang mau masuk ke wilayah Muntuk, maka harus tulus demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat tanpa menggunakan politik uang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bantul Harlina sangat mengapresiasi Tim Desa APU yang hari ini mendeklarasikan diri menjadi Desa APU. Dari sisi ketugasan Bawaslu salah satunya adalah merangkul masyarakat untuk ikut bersama melakukan pengawasan disetiap proses tahapan Pemilu. Kita juga berkewajiban untuk melakukan pendampingan, pengarahan dan pencegahan terhadap politik uang. Harapannya ada action nyata dari Tim APU ini untuk memberantas terjadinya politik uang. Kedepannya Desa Muntuk ini juga dapat menjadi pionir untuk bagaimana memerangi bahaya serta menolak dan memerangi praktik politik uang. Apa yang menjadi Momentum Deklarasi Desa Anti Politik Uang jangan hanya sebatas ceremony semata tetapi yang terpenting adalah action nyata untuk menindak lanjuti program Desa APU.

Tag
Anti Politik Uang
Berita
Berita Utama
Pencegahan
Press Release
Publikasi