Lompat ke isi utama

Berita

75 CALON PANWASLU DESA DI BANTUL TELAH TERPILIH

17 Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bantul telah menetapkan dan mengumumkan calon Anggota Panwaslu Desa Terpilih. Penetapan tersebut berdasarkan hasil rapat pleno Komisioner Panwaslu Kecamatan dan diumumkan pada tanggal 4 Februari 2023 sesuai dengan timeline yang terdapat didalam Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 5/KP.01/K/01/2023 tentang Pedoman Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa Pemilu Tahun 2024.

Sebanyak 75 calon Anggota Panwaslu Desa telah ditetapkan yang berasal dari 17 Kecamatan dan 75 Desa atau masing-masing Desa sebanyak 1 orang. Secara jenis kelamin terdiri dari 40 laki-laki dan 35 perempuan, apabila diprosentase terdapat 46,67% dari keterwakilan perempuan.

Penetapan calon terpilih tersebut berdasarkan dari rekapitulasi penilaian tes wawancara yang telah dilaksanakan pada tanggal 31 Januari s/d 2 Februari 2023. Hasilnya diperoleh calon Anggota Panwaslu Desa Terpilih yang ditetapkan dalam rapat pleno Komisioner Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bantul.

Pengumuman calon Panwaslu Desa terpilih dapat diakses melalui website Bawaslu Bantul, penempelan pada papan pengumuman 17 kantor Kapanewon dan Kantor Lurah se-Kabupaten Bantul.

Selanjutnya akan dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji calon Panwaslu Desa Terpilih secara serentak pada tanggal 6 Februari 2023 oleh Panwaslu Kecamatan. Setelah pelantikan akan langsung diberikan pembekalan atau bimbingan teknis terkait pelaksanaan tugas dan kinerja dalam melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2024.

Bawaslu Bantul berharap 75 Calon Panwaslu Desa Terpilih tersebut adalah calon yang terbaik serta dapat mengemban amanah dan melaksanakan tugas kewenangan, kewajiban secara berintegritas, profesional, bermartabat, dan berkemajuan dalam mengawal pesta demokrasi penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Bantul. Selain itu Bawaslu Bantul menyampaikan terimakasih atas atensi dan keikutsertaan masyarakat Bantul yang telah mendaftarkan diri dan mengikuti proses pembentukan calon Anggota Panwaslu Desa yang telah berjalan hampir satu bulan ini, dengan harapan semua pihak dapat menerima hasil akhir dari proses pembetukan Panwaslu Desa tersebut.

Tag
Berita
Berita Utama
Press Release
Publikasi
Rekrutmen Pengawas Pemilu Adhoc