Bawaslu Bantul Siap Pengawasan Proses Seleksi Calon Anggota PPK – BAWASLU BANTUL
bulina pakpardi pakmarno paknuril budhenok pakjoko
logo
bawaslu bantul ads

Bawaslu Bantul Siap Pengawasan Proses Seleksi Calon Anggota PPK

Bawaslu Kabupaten Bantul dan jajaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se- Kabupaten Bantul siap melakukan pengawasan Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Bantul Tahun 2020. Pada tanggal 15 Januari 2020, Panwascam telah mulai melakukan pengawasan pelaksanaan pengumuman pembukaan pendaftaran seleksi calon anggota PPK di seluruh wilayah Kecamatan di Bantul.

Pengawasan pengumuman akan dilakukan pada tanggal 15 sampai 17 Januari 2020 agar pengumuman pendaftaran diumumkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau atau diakses publik. Bawaslu Kabupaten Bantul dan jajarannya dalam pengawasan pembentukan PPK memastikan bahwa proses pendaftaran seleksi calon anggota PPK dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pada prinsipnya Penyelenggara Pemilihan harus berpedoman pada 13 asas, yaitu: Mandiri; Jujur; Adil; Berkepastian hukum; Tertib; Kepentingan umum; keterbukaan; proporsionalitas; profesionalitas; akuntabilitas; efisiensi; efektivitas; dan aksesibilitas”.

Bawaslu Kabupaten Bantul menghimbau kepada KPU Kabupaten Bantul dalam melakukan rekrutmen PPK sesuai dengan tahapan, waktu dan tempat dan melakukan rekrutmen secara terbuka dan transparan. Bawaslu Bantul berharap PPK yang terbentuk telah sesuai dengan syarat dan ketentuan sebagai anggota PPK/PPS/KPPS yang telah diatur dalam PKPU dan Juknis yang telah ditetapkan oleh KPU.  Dalam melakukan rekrutmen PPK, Bawaslu juga akan memastikan bahwa calon anggota PPK tidak berasal dari unsur anggota atau pengurus partai politik, pernah terdaftar didalam tim kampanye, dan pelaksana kampanye.

Bawaslu Bantul mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan partisipatif dalam pembentukan PPK agar PPK yang terpilih memang PPK yang memiliki intergritas dan memenuhi syarat yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Pada tahapan pengawasan pembentukan PPK ini, Bawaslu Bantul juga akan membuka “Posko pengaduan terkait pembentukan PPK di Kabupaten Bantul.

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bawaslu bantul
bawaslu bantul

"Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu"

Contact
landscapekecil

Jl. Jenderal Sudirman No. 91, Bantul, Yogyakarta
Telp. (0274) 2811070
Kode Pos : 55711
Email : info@bantul.bawaslu.go.id /
bawaslubantul@gmail.com
twitter facebook google youtube
Map
Facebook
Copyright © 2019 Bawaslu Kab. Bantul