Bawaslu Bantul Himbau Bupati Dalam Rangka Pencegahan Potensi Pelanggaran – BAWASLU BANTUL
bulina pakpardi pakmarno paknuril budhenok pakjoko
logo
bawaslu bantul ads

Bawaslu Bantul Himbau Bupati Dalam Rangka Pencegahan Potensi Pelanggaran

BANTUL – Rabu, 6 Mei 2020 Bawaslu Kabupaten Bantul melakukan koordinasi dengan Bapak Bupati Bantul Bapak Suharsono yang didampingi oleh Bapak Hermawan (PJ. Asek I) serta Bapak Fatoni (Kepala Dinas Kesbangpol) dalam rangka pencegahan potensi pelanggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.
Hal ini menindaklanjuti Surat Edaran Bawaslu Republik Indonesia Nomor 0266/K.BAWASLU/PM.00.00/04/2020 perihal Pencegahan Potensi Pelanggaran. Dalam kesempatan Koordinasi yang berlangsung kurang lebih 45 menit di Kantor Bupati Bantul tersebut, Bawaslu Kabupaten Bantul menyampaikan beberapa himbauan antara lain:

  • Tentang larangan melakukan penggantian pejabat dalam waktu 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon.
  • Tentang Netralitas ASN dan Pejabat Daerah hingga Pejabat Tingkat Desa.
  • Tentang Larangan Penyalahgunaan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon seperti program BLT, PKH, bantuan terdampak Covid-19, dan yang lainnya.
  • Larangan menjanjikan dan / atau memberikan uang atau materi lainnya untuk mempengaruhi penyelenggaraan Pemilihan dan / atau Pemilih.
  • Larangan tentang membuat keputusan yang secara khusus memberikan keuntungan pribadi

Himbauan Bawaslu Kabupaten Bantul tersebut pun langsung ditanggapi oleh Bapak Drs. Suharsono selaku Bupati Kabupaten Bantul bahwa sudah disampaikan kepada ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul beserta jajaran untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat atau melibatkan diri dalam kegiatan Partai Politik.

Terkait mutasi pejabat disampaikan juga bahwa di Kabupaten Bantul tidak ada mutasi pejabat meskipun ada kekosongan dikarenakan adanya pejabat yang telah purna tugas seperti Asek I, Kepala Disnaker, Staf Ahli dan sejumlah Camat.

Selain itu bupati menyampaikan akan mentaati himbauan yang diberikan oleh Bawaslu Bantul karena tidak ingin melakukan pelanggaran peraturan perundangan.

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bawaslu bantul
bawaslu bantul

"Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu"

Contact
landscapekecil

Jl. Jenderal Sudirman No. 91, Bantul, Yogyakarta
Telp. (0274) 2811070
Kode Pos : 55711
Email : info@bantul.bawaslu.go.id /
bawaslubantul@gmail.com
twitter facebook google youtube
Map
Facebook
Copyright © 2019 Bawaslu Kab. Bantul